Aplikasi yang Mempermudah Kerja Jasa Konsultan Pajak dan Akuntansi

Tuesday, March 02, 2021

Saya bersyukur hidup dimasa kini, karena sekarang sudah banyak sekali aplikasi yang bermunculan atau diciptakan oleh anak - anak muda yang cerdas dan berkompeten. Sehingga dapat membantu atau mempermudah saya dalam melakukan aktivitas dikehidupan sehari-hari, baik untuk keperluan pribadi maupun dunia kerja. Perkembangan teknologi begitu pesat, jadi kita pun sebagai pengguna juga harus pintar dalam memilih dan memilah aplikasi sesuai dengan kebutuhan.  

Biasanya di awal tahun, saya sebagai karyawan swasta sibuk untuk pelaporan pajak tahunan. Untung sekarang bisa dilakukan secara online tanpa harus ke kantor pajak langsung. Nah, saya sebagai orang awam aja masih bingung untuk pelaporan pajak tahunan ini. Apalagi teman - teman yang memiliki usaha kecil dan menengah dalam perhitungan pajak untuk pelaporan pajak tahunan.   

Dengan meningkatnya regulasi perpajakan di Indonesia dengan sejumlah peraturan yang semakin ketat terhadap dunia usaha untuk disiplin pajak. Pekerjaan jasa konsultan pajak dan akuntansi pun semakin dibutuhkan saat ini untuk membantu pengusaha dalam mengembangkan usahanya. 

Konsultan Pajak dan Akuntansi merupakan pihak ketiga yang memberikan layanan terhadap perusahaan (baik skala kecil maupun besar), dalam hal yang terkait dengan perpajakan (perhitungan hingga pelaporan) dan juga terkait pembukuan perusahaan hingga menjadi laporan keuangan yang siap digunakan. Pihak ketiga ini sangat membantu sekali, untuk berbagai perusahaan yang memang memiliki kendala dalam kedua hal tersebut. 

Dalam proses kerjanya, konsultan pajak dan akuntasi serta Kantor Akuntan Publik (KAP) pada umumnya masih menggunakan aplikasi microsoft excel sebagai kertas kerja dalam pengecekan laporan keuangan dan laporan pajak klien. Selama ini, kertas kerja berbasis aplikasi microsoft excel ini memang memudahkan mereka dalam mengolah data dan menyimpan database Chart of Account (COA) dari masing-masing perusahaan yang ditangani. 

Jika jumlah kliennya cuma satu atau masih sedikit yang bisa dihitung dengan jari, tentu saja masih bisa dikerjakan dengan baik dalam waktu yang disepakati sebelumnya. Namun, jika jumlah klien yang ditangani bertambah banyak, kerja konsultan pajak dan akuntansi pun menjadi makin rumit dan kewalahan. 

Mereka harus lebih ekstra memantau file-file dokumen excel yang semakin kompleks. Ditambah lagi dengan beragamnya aplikasi pembukuan dan perpajakan yang digunakan klien. Otomatis mereka juga harus sangat paham dengan kerja dan sistem penggunaan aplikasi dalam proses pengolahan data klien tersebut. Bisa memakan waktu yang lama atau tidak sebentar. Belum lagi, mereka juga dituntut memiliki tingkat kecermatan yang tinggi. 

Tenang saja, sekarang sudah ada aplikasi yang membantu dalam proses kerja penyedia jasa konsultan pajak dan akuntansi. Salah satu pilihan solusi masalah di atas, yaitu SystemEver. Sebagai penyedia Software Sistem ERP berbasis awan (Cloud Based ERP System), membangun atau merancang produk i1 – AccounTax Service untuk para penyedia jasa konsultan pajak dan akuntansi. 

Dengan menggunakan produk i1 ini, pekerjaan dalam hal penyimpanan database, pengecekan data serta pemantauan kerja menjadi lebih mudah, efektif dan efisien. 

Produk i1 – AccounTax Service dapat mempermudah konsultan pajak dan akuntansi dalam mengelola seluruh klien hanya dalam satu sistem online. Apapun aplikasi yang digunakan oleh klien, cukup hanya meng-upload database semudah copy paste data dari aplikasi microsoft excel, data klien pun dapat dilihat dan dikelola menggunakan produk i1 dari SystemEver. 

Mari saya bahas fitur Produk i1 dari SystemEver dalam membantu konsultan pajak dan akuntansi dalam proses kerja konsultan pajak dan akuntansi. Produk i1 dari SystemEver memiliki beberapa fitur unggulan, sebagai berikut: 

a. Visual-K Process Map 

Visual-K Process Map merupakan halaman proses kerja yang harus dilakukan oleh pengguna SystemEver. Semua pekerjaan dari divisi terkait akan tampak pada satu halaman ini dan dapat diubah menyesuaikan alur/proses yang dilakukan dalam setiap perusahaan. Jadi pengguna tidak perlu lagi membuka atau menutup file untuk menyelesaikan pekerjaan. Dalam Visual-K Process Map, alur kerja manajemen menjadi lebih teratur, sistematis, nyaman dilihat dan mudah digunakan. Untuk pimpinan atau pemilik perusahaan bisa lebih mudah mengontrol alur kerja yang tengah berjalan. 

b. Journal Batch Upload 

Merupakan fitur khusus untuk produk i1 – AccounTax Service, yang akan memudahkan konsultan pajak dan akuntansi untuk melakukan upload data klien. Kamu hanya perlu satu kali upload data dalam jumlah yang banyak. 

Selanjutnya, saya akan membahas manfaat produk i1 – AccounTax Service bagi konsultan pajak dan akuntansi, yaitu sebagai berikut: 

1. Navigasi Visual dengan “Visual-K Process Map” 

Dengan navigasi berdasarkan visual proses atau “Visual-K Process Map” yang dibahas seperti diatas, kamu dapat melihat tahapan pekerjaan yang sedang dikerjakan. Cukup klik dua kali dan pengguna akan diarahkan langsung ke halaman proses yang diinginkan. Sungguh, sangat mudah, efektif dan efisien banget kan?!... 

2. Mengurangi Kesalahan oleh Manusia (Human Error) 

Dengan fitur Journal Batch Upload data klien, konsultan pajak dan akuntansi dapat mengurangi kemungkinan kesalahan input data oleh manusia sehingga dapat meningkatkan efisiensi kinerja dari perusahaan konsultan pajak dan akuntansi. 

3. Tidak Membutuhkan Modal Besar untuk Sistem ERP 

Berbeda dengan system ERP on premise, SystemEver tidak memerlukan server ataupun jaringan lain yang perlu dibeli oleh perusahaan. Cukup bergabung dalam program Partnership SystemEver, konsultan pajak dan akuntansi dapat segera menggunakan produk i1 ini dengan Sistem Cloud ERP.

4. Real-time Data Sharing dan Keamanan Data Terjamin 

Dengan menggunakan teknologi Azure, keamanan data klien akan terjaga dengan baik. Sehingga kamu tidak perlu cemas dalam masalah keamanan datanya. Data ini pun dapat diakses secara real-time sekaligus.  

5. Dapat Diakses Di Mana Saja dan Kapan Saja 

Bekerja dari mana aja kamu juga bisa. Wah, sangat fleksibel dan mudah sekali aplikasi ini. Apalagi kita dianjurkan oleh pemerintah untuk work from home (WFH) lebih baik dari pada harus datang ke kantor. Menggunakan produk i1 dari SystemEver akan sangat membantu perusahaan konsultan pajak dan akuntansi dalam bekerja. 

6.  Proses Monthly VAT Closing 

Dengan proses Monthly VAT Closing dari i1 – AccounTax Service SystemEver ini, Anda dapat dengan mudah melakukan pengecekan dan juga rekonsilasi PPN Masukan dan Keluaran dan memudahkan proses pelaporan pajak klien Anda setiap bulannya. 

Produk i1 – AccounTax Service dari SystemEver ini, pekerjaan kamu akan menjadi lebih efektif dan efisien sehingga kamu juga dapat mengembangkan usaha dengan mudah. 

Jika Anda bergerak di bidang konsultan pajak dan akuntansi, maka produk i1 – AccounTax Service dari SystemEver ini sangat disarankan untuk kamu. Jadilah bagian dalam partnership SystemEver dan dapatkan manfaat terbaik untuk usaha kamu selama ini. 

Selanjutnya, saya akan membahas proses dalam Produk SytemEver i1-AccounTax Service. 

Produk i1 – AccounTax Service ini sangat memudahkan konsultan pajak dan akuntansi untuk melakukan pengecekan laporan keuangan klien-klien Anda melalui beberapa proses yang telah disiapkan khusus buat kamu. 


Dengan melakukan upload data klien mu ke dalam produk i1 – AccounTax Service SystemEver, Kamu dapat melakukan pengecekan jurnal dan kesesuaian angka-angka pada laporan keuangan klien berdasarkan aturan berlaku dengan cepat dan mudah. 


Produk i1 – AccounTax Service SystemEver juga menyediakan beragam laporan keuangan yang dibutuhkan untuk klien-klien kamu dan membantu Anda dalam memberikan jasa secara maksimal kepada klien mu. 



Saya mau bahas sedikit tentang aplikasi SystemEver 

SystemEver merupakan sistem software ERP berbasis cloud yang dibuat dan dimiliki oleh YoungLimWon(永林院) Softlab Co., Ltd, suatu perusahan teknologi terkemuka di Asia yang telah beroperasi sejak 1993 di Korea Selatan. 

Pada September 1997, YoungLimWon Softlab meluncurkan sistem ERP Korea pertama bernama K-System dan menjadikan Younglimwon salah satu perusahaan ERP terkemuka, terpercaya dan telah terdaftar di Korean Stock Exchange sejak Agustus 2020. Seiring perkembangan waktu, pada 2014 Younglimwon meluncurkan sistem ERP berbasis cloud untuk menjangkau pasar Asia, dan ini berhasil menjadi solusi banyak perusahaan, membuat bisnis mereka maju serta berkembang sehingga YoungLimWon Softlab menjadi Top 10 ERP Software di Asia berdasarkan APAC CIO Outlook. 

Pada tahun 2017, Younglimwon hadir di Indonesia dengan membawa sistem Cloud ERP SystemEver yang telah terbukti dan teruji di Korea, Jepang, serta Vietnam. Younglimwon membuka kantor cabang di Indonesia untuk menunjukkan keseriusan dan dukungan penuh bagi pangsa pasar di Indonesia. 

Hingga saat ini, Younglimwon telah melayani lebih dari 1.800 pelanggan di Korea, Jepang, Vietnam dan Indonesia. Sebagai perusahaan yang telah memiliki pengalaman lebih dari 28 tahun, Younglimwon – melalui SystemEver yakin dapat memberikan solusi sistem ERP terbaik di Asia. 

Khusus Indonesia, Younglimwon menghadirkan SystemEver i-Series yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pelaku bisnis di Indonesia dengan skala medium enterprise. SystemEver memiliki 3 layanan yang siap menjadi mitra solusi kamu, yaitu: 

a) SystemEver i1-AccounTax Service, yang dapat membantu konsultan pajak, konsultan akuntansi untuk memudahkan dalam melakukan service kepada klien. 

b) SystemEver i5-Sales/Distribution, yang dapat membantu perusahaan Distribusi atau Penjualan dalam mengelola bisnisnya 

c) SystemEver i7-Manufaktur, yang dapat memudahkan manajemen mengelola bisnis 

Dengan investasi yang terjangkau bagi pelaku bisnis, SystemEver dapat diandalkan untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif berorientasi hasil. 

“Kami berharap teknologi manajemen terpadu ERP SystemEver bisa membantu pelaku bisnis UKM di Indonesia tumbuh melesat. Pengalaman panjang kami selama 28 tahun di Korea, Jepang, Vietnam dan Indonesia menjadi kekuatan bagi kami untuk terus beradaptasi sesuai dengan tren yang berkembang dan karakter sosial budaya masyarakat,“ papar CEO Younglimwon Softlab, Young-Bum Kwon. 

“Dengan ERP memungkinkan integrasi penuh aktivitas operasi bisnis dan sistem infomasi yang berjalan di setiap lini manajemen secara real time,” tambahnya. 





You Might Also Like

1 comments

  1. Membaca ini aku serasa langsung lulus S2 IT dan Perpajakan,

    Tapi emang bener sih, pengetahuan tentang pajak masih sangat sangat rendah,
    ya gimana lagi, dimana orang - orang umum belajar tentang pajak?,
    buat laporan pajak pribadi aja bingung,
    mungkin apps ini bisa membantu.

    Tapi kok ya dirjen pajak nggak bisa buat apps kek begini -_-

    ReplyDelete