Makaroni Goreng Seafood

Monday, January 23, 2017

Postingan kali ini saya mau berbagi resep masakan yang mudah untuk dibuat dan enak disantap. Ini resep racikan saya sendiri jadi kalo ada yang kurang atau gimana yah harap maklumin aja. :-p

*testimoni emak saya katanya enak lho...*

Anak kost pun bisa membuatnya karena bahan dan bumbunya mudah nggak ribet untuk ditemukan dan membelinya dipasar. Bahan dan bumbunya yang saya pake digunakan juga oleh sejuta umat dimuka bumi ini untuk memasak. Btw, ada satu bahan yang susah juga dinkz ditemui dan cuma ada didaerah tertentu. Cuma adanya di Provinsi Kepualaun Riau aja, yaitu Gonggong. 

Jadi, kemaren emak saya membeli gonggong Rp. 15.000 di pasar Tiban Centre, kata si emak sekilo cuma Rp. 25.000. Kalo untuk makan dirumah Rp.15.000 itu sudah cukuplah porsinya, lagian dirumah cuma saya saja yang makan gonggong. Kalo si emak cuma suka masakin aja buat saya...  #CintaEmak #AnakKesayanganEmak

Karena gonggongnya masih banyak tersisa, saya punya ide untuk membuat makaroni goreng seafood. Soalnya, dikulkas masih ada udang mentah sisa emak beli di pasar kemaren dan tidak habis untuk dimasak sebagai lauk. Gonggong yang sudah direbus, saya keluarin dagingnya dari cangkang.

Kornet, Udang dan Gonggong
 Kalo tidak ada gonggong ganti sama sotong juga enak.  Dan ini bahan - bahan lengkapnya :
  • Makaroni 
  • Setengah Siung Bawang Bombay
  • 2 Siung Bawang Putih
  • Garam Secukupnya
  • Gula Secukupnya
  • Brokoli
  • Kornet
  • 1 Butir Telor
  • Udang 
  • Gonggong
  • Minyak Goreng
  • Air Satu Gelas
  • Saos Tomat
  • Kecap Manis
Brokoli, Bawang Putih dan Bawang Bombay
Cara Membuatnya :
  1. Rebus makaroni hingga matang. Setelah matang tiriskan.
  2. Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang bombay dan bawang putih yang sudah dicincang atau diiris sampai wangi.
  3. Masukan udang, gonggong dan kornet aduk hingga merata sampai semuanya matang.
  4. Masukan telor lalu aduk hingga merata biar tercampur sama bahan-bahan sebelumnya. Apabila telornya sudah matang masukan air satu gelas, kecap manis, saos tomat, garam dan gula secukupnya. Aduk semuanya hingga merata.
  5. Masukan makaroninya dan aduk hingga merata.
  6. Masukan brokolinya dan aduk hingga matang.
  7. Setelah semuanya semuanya  sudah masak dengan sempurna, makaroni seafood siap dihidangkan.


Bagaimana... Mudahkan membuatnya?!. Selamat mencoba... :-)

Makaroni Goreng Seafood



You Might Also Like

2 comments

  1. Beuhhh kerennn kali dah pandai masak dia, kapan aq nyobain woi, sedap nampaknya

    ReplyDelete
  2. Ish, rumah ko dekat sama aku tapi aku gak ditawarin. Mintalah klo ko bikin lagi.

    ReplyDelete