Mengenal Lebih Jauh Tentang Harbolnas, Apa Itu ?

Tuesday, November 22, 2016

Belanja Online adalah kegiatan yang semakin populer di Indonesia. Semakin banyak yang menyadari kepraktisan dan kemudahan belanja online, dan bahkan lebih memilih melakukannya daripada pergi langsung ke toko. Tentu saja, belum semua orang Indonesia pernah melakukan kegiatan ini.

Bahkan beberapa mungkin tidak terlalu menyukai belanja online. Makanya, untuk mempopulerkan belanja online inilah, Harbolnas diadakan.

Tahu kah anda dengan istilah diatas ? Kepanjangannya adalah Hari Belanja Online Nasional. Hari tersebut diadakan setiap tanggal 12 Desember, dan pertama kali dilakukan pada tanggal 12 Desember 2012. Setelah itu, setiap tahun pada tanggal yang sama Hari Belanja Online Nasional dilakukan.

Dimana berlangsung selama 24 jam penuh dan dimulai pada pukul 00:00 malam. Ketika pertama kali diadakan di Indonesia, hanya ada 7 buah e-commerce yang ikut. Setiap tahun, pesertanya makin banyak. Ditahun 2014, bahkan ada 78 e-commerce yang ikut.

Harbolnas diluar negeri bisa dibandingkan dengan Cyber Monday dinegara-negara seperti Amerika Serikat dan Kanada, yang melakukan diskon besar-besaran setelah perayaan Thanksgiving. Ini adalah kesempatan bagi banyak orang untuk bisa berbelanja barang-barang yang mereka inginkan dengan harga terjangkau, dan sekaligus juga kesempatan bagi banyak ritel untuk mencuci gudang.

Konsepnya sama saja dengan di Indonesia, dimana para pelaku e-commerce besar yang ada disini memberikan diskon besar-besaran khusus untuk menarik pembeli. Di Indonesia sendiri, diadakannya Hari Belanja Online Nasional ini memiliki tujuan tersendiri. Tujuan yang ingin dicapai oleh para pelaku e-commerce di Indonesia adalah :

  • Melakukan edukasi tentang belanja online
    Meskipun sudah banyak orang Indonesia yang melakukan transaksi jual-beli online, tetap saja banyak masyarakat yang masih ragu dan takut untuk memanfaatkan situs-situs online tersebut demi membeli barang. Makanya, Hari Belanja Online Nasional adalah kesempatan yang bagus bagi banyak pelaku ritel online untuk menunjukkan bahwa membeli barang secara online itu aman dan praktis, serta nyaman karena bisa dilakukan dimana saja.
  • Memajukan industri e-commerce
    Ini sebenarnya adalah tujuan utama diadakannya Hari Belanja Online Nasional. Demi memajukan lingkungan e-commerce di Indonesia agar semakin bisa berkompetisi dengan sejenisnya seperti dinegara lain, maka diselenggarakan lah hari seperti ini. Hari Belanja Online Nasional juga merupakan kesempatan yang bagus bagi para situs e-commerce baru untuk debut dan memperkenalkan diri pada masyarakat.
Selain untuk memajukan industri e-commerce dan edukasi belanja online, ada 4 buah faktor dalam bisnis e-commerce yang diharapkan bisa dicapai dengan adanya Hari Belanja Online Nasional oleh para pelakunya. Hal-hal ini adalah :

  • Tingkat kepercayaan, pelaku harus bisa meraih kepercayaan para pembeli sehingga usaha e-commerce makin maju. 
  • Keamanan pembayaran, pelaku e-commerce harus memiliki sistem yang menjamin keamanan identitas pembeli ketika membayar, demikian juga menjamin uang sampai ke penjual.
  • Proses pengiriman, situs e-commerce juga harus bisa mengirim barang tepat waktu, memberikan pilihan porses pengiriman, dan mampu mengatur logistik dengan baik.
  • Kualitas barang, situs e-commerce juga wajib menjaga kualitas barang yang diterima pembeli, memastikan bahwa barang sampai dengan utuh dan tidak rusak, serta sesuai pesanan.
jadi intinya, Harbolnas adalah hari yang sangat penting bagi dunia belanja online di Indonesia, baik dari segi pelaku bisnisnya maupun dari kamu sebagai pembeli. Terlepas dari semua tujuan dan alasan kompleks dibaliknya, hari tersebut adalah hari terbaik bagi kamu yang ingin belanja dengan diskon besar. 

Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan barang yang kamu incar... :-) 


You Might Also Like

2 comments

  1. siap2 sisihkan uang,, mana tau ada barang yang dilirik nanti diHARBOLNAS...

    ReplyDelete
  2. wah bakalan jebol kantong nih klo dah ada ginian gak tahan godaan huahahaha

    ReplyDelete