Sop Ikan Kurau

Friday, July 15, 2016

Memasuki pertengahan bulan juli ini cuaca di Batam lagi tidak menentu, bisa jadi hari ini hujan deras dari pagi sampai malam. Eh besoknya cuaca panas menyengat dan gerah seharian. Kemaren, cuaca di Batam lagi hujan dari pagi sampai sore. Dan saya sedang berada dikawasan kabil karena ada urusan. Alhamdulilah, urusan saya setengah hari sudah selesai. Dan saya sudah punya rencana untuk mengeksplor sekitaran daerah di Batu Besar - Batam.

Saya memasuki kawasan Kampung Tua Batu Besar, saya telusuri saja jalan yang ada disana sampai mentok dimana nantinya. Memang sudah ada rencana sebelumnya, kalo urusan saya cepat selesai saya mau main ke pantai yang ada di Batu Besar. Karena cuaca lagi hujan dan langit begitu kelabu, jadi saya tidak singgah ke pantainya cuma melewatinya. 

Karena plan A gagal total jadi saya berahli ke plan B yaitu Hunting Kuliner. Saya teringat dengan pembicaran saya dengan teman saya bahwa dia bilang kalo dikawasan Batu Besar ada sop ikan yang rasanya enak banget. Porsinya lebih banyak dan harga lebih murah jika dibandingkan sop ikan yang sudah terkenal namanya di Batam.

Tapi dia tidak kasih tahu secara rinci lokasi tempatnya dimana dan nama kedainya apa ? Yang dia kasih tahu tempat itu disekitaran ruko Bank BRI Batu Besar. Dan saya telusuri tempat itu dengan tatapan tajam tertuju kepada kedai atau rumah makan yang berada ditepi jalan sambil mengendarai motor. Saya mengamati dengan teliti satu persatu spanduk kedai atau rumah makan disana dengan membaca menu yang mereka sajikan. Ada nggak mereka menyajikan sop ikan...

Saya melihat ada sebuah kedai kecil yang spanduknya telah usang dengan tulisan sop ikan dengan menu makanan lainnya. Dan mobil banyak sekali yang berparkiran disana, padahal suasana lagi hujan deras dan tempat parkirnya becek digenangi air tapi mobil kok penuh yah kesana. 

Pas waktu itu juga jam istirahat siang. Dan saya pun akhirnya singgah dikedai itu, siapa tahu kedai itu yang saya cari. Saya masuk ke kedai itu memang ada menu sop ikan dan rata-rata orang disana pesan sop ikan. Karena tempatnya kecil, orangnya banyak, hujan lebat diluar, meja dan kursinya sangat terbatas jadi saya tidak dapat tempat duduk. 

Saya urungkan niat untuk makan siang pada saat itu. Bukan berarti saya tidak jadi makan siang disana yah... Karena tempatnya memang sudah penuh, sampai pelayannya aja bilang ke calon pembeli yang baru datang "apakah sudah pesan tempat lebih dulu ?" sangking penuhnya.

Saya menunggu pukul satu siang baru kesana lagi karena jam istirahat siang telah usai. Disana pun kebanyakan yang datang untuk makan siang memang karyawan yang bekerja disekitaran daerah Kabil dan Batu Besar. Pas saya ke kedai itu lagi suasana sudah mulai sepi. dan saya pesan menu sop ikannya. Kata penjualnya yang tersisa kebanyakan bagian kepala ikannya aja, sedangkan bagian badannya sudah banyak yang habis. Oke, saya pun tidak masalah dengan itu yang penting saya harus mencicipi sop ikannya.

Penyajiannya sop ikannya pun cepat dan tidak perlu menunggu lama. Dan saya mulai mencicipi sop ikannya. Dan beneran enak banget rasanya...  Daging ikannya begitu lembut. Mana lagi hujan deras diluar, jadi segar banget badan makan yang hangat-hangat. *semesta mendukung*

Dan yang paling penting harganya lumayan murah. Satu porsi sop ikan sama nasi putih cuma dikenakan biaya Rp.25.000. Porsinya juga lumayan besar... Dan ikan yang dijadikan sop itu namanya Ikan Kurau. Sedangkan nama kedainya "Kedai Kopi Aliang", kedainya cuma buka setengah hari. 

Duh, rasanya tuh seperti memenukan harta karun kalo saya berhasil menemukan kuliner yang enak seperti ini. Untuk lokasi kedainya, kedai kopi aliang berada di Batu Besar. Patokan kamu didepan seberang jalan Bank BRI Batu Besar, kedainya cuma kedai kecil yang berada ditepi jalan raya dan spanduk depannya pun sudah mulai luntur. Jadi, tajami pandanganmu untuk mendapati lokasinya dan mencicipi sop ikan kurau.

Selamat berhunting kuliner kawan... :-)  

Sop Ikan Kurau Rp.25.000 / porsi + nasi putih
 

You Might Also Like

8 comments

  1. Duh! Jadi ikutan penasaran.... Ini sop ikan yang sering dibilang Choty itu bukan?

    ReplyDelete
  2. Ini nih yang seger-seger!
    Tapi jauhnya makk, ke batu besar...

    Ntar minta Wakjek anterin ke Batuaji aja kali ya :D

    ReplyDelete
  3. Sepertinya Nikmat dan seger nih. Tp lokasinya lumayan jauh juga utk warga yg berdomisili di tiban dan sekupang. Hehe

    ReplyDelete
  4. Ikan Kurau? baru denger namanya, rasanya kayak ikan apa?

    ReplyDelete
  5. sup ikan kurau terlihat sangat enak ya, meskipun belum pernah nyoba juga sih, jadi penasaran sama rasanya..

    ReplyDelete