Trik dan Tips Modifikasi Motor Touring

Tuesday, April 05, 2016

Hobi menjelajahi berbagai tempat dan berkendara jarak jauh menggunakan motor bersama komunitas atau kerabat ? Hal ini tentu merupakan kegiatan seru yang menyenangkan untuk dilakukan di waktu-waktu senggang. Selain dapat merasakan pengalaman baru, menjelajahi berbagai tempat atau melakukan touring juga dapat meningkatkan rasa kekeluargaan antar rombongan. 

Sumber poto : http://motoraja.com
Sumber poto : http://artikel.pricearea.com
Supaya semua aktivitas perjalanan berjalan lancar, motor yang Anda kendarai rasanya perlu dimodifikasi sesuai kebutuhan perjalanan. Berikut ini beberapa trik dan tips modifikasi motor touring yang bisa Anda terapkan pada tunggangan kesayangan Anda, yaitu:

1. Mengganti ban motor.

Ban merupakan komponen penting dari kendaraan touring Anda. Ban motor yang biasa digunakan untuk touring perlu diganti demi kenyamanan berkendara. Pasalnya, perjalanan jarak jauh yang ditempuh motor ketika touring membutuhkan kondisi ban yang prima. Jadi, mengganti ban motor menjadi hal utama yang harus diprioritaskan. Pilihlah roda yang lebih besar supaya semua medan perjalanan bisa dilalui dengan mudah. Kenyamanan dan kestabilan berkendara juga dapat ditingkatkan menggunakan ban yang dipilih dengan tepat sesuai kebutuhan berkendara.

2. Tambah busa pada jok motor.

Kenyamanan menjadi kunci utama yang harus diperhatikan ketika melakukan perjalanan, apalagi perjalanan jarak jauh yang ditempuh dalam waktu yang cukup panjang. Oleh karena itu, menambahkan busa pada jok kendaraan Anda menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan. Kenyamanan posisi duduk ketika berkendara menggunakan bantalan jok yang empuk membuat perjalanan jauh terasa tidak melelahkan. Jika hal ini tak dilakukan, tentu saja berkendara terasa pegal dan Anda pun akan mudah merasa lelah karena posisi duduk yang tidak nyaman.

3. Ganti velg motor.

Mengganti velg motor perlu disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan Anda. Imbangilah velg yang digunakan dengan kapasitas kendaraan. Gunakan velg yang kerangkanya kuat dan mampu mengimbangi roda motor Anda. Jika Anda ragu untuk menentukan pilihan, konsultasikanlah hal ini dengan kerabat yang lebih paham supaya motor touring yang Anda punya semakin prima. Tips modifikasi motor ini juga penting supaya motor menjadi lebih kuat. Tapi jangan lupa, pemilihan velg perlu disesuaikan dengan budget yang tersedia supaya hasilnya maksimal dan memuaskan.

4. Gunakan windshield.

Penambahan windshield pada motor touring dilakukan dengan tujuan untuk melindungi perjalanan dari kencangnya angin. Hal ini dilakukan supaya perjalanan menjadi lebih aman dan kenyamanan berkendara semakin terjamin karena tidak terganggu dengan kencangnya angin. Biasanya penambahan windshield juga bisa dilakukan bagi Anda yang touring menjelajahi tempat-tempat yang berlumpur atau becek untuk mencegah cipratan lumpur dari kendaraan yang ada di depan secara langsung ke bagian badan sehingga tubuh tetap terlindungi.

5. Pasang box pada motor.

Box atau kotak penyimpanan pada motor touring sangatlah penting mengingat banyaknya kebutuhan barang yang harus dibawa untuk menempuh perjalanan yang cukup panjang. Model top box atau side box bisa dipilih untuk dipasang sebagai tempat penyimpanan beberapa barang seperti toolkit, jas hujan dan lain-lain. Sesuaikanlah kapasitas box yang digunakan sesuai kebutuhan dan kondisi kendaraan supaya terlihat seimbang dan tetap menarik.

Itulah beberapa trik memodifikasi motor touring yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara jarak jauh bersama komunitas touring. Selain mempersiapkan tunggangan dan melakukan beberapa tips modifikasi motor yang disebutkan tadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi performa mesin motor, rem, lampu dan lain-lain agar keamanan berkendara menjadi lebih efektif. Gunakan juga helm, jaket, sarung tangan, sepatu dan celana yang sesuai untuk kebutuhan touring.

You Might Also Like

1 comments

  1. Nice tips.. Jadi kangen niih udah lama gak touring naik motor kayak jaman masih tinggal di Jawa dulu..

    ReplyDelete