Celotehin Buku

Sunday, April 03, 2016

Buku apakah yang sedang kamu baca ? Kalo saya lagi membaca buku "Ayah" karangan Andrea Hirata. Buku "Ayah" sudah lama sekali saya membelinya disalah satu toko buku yang berada dikota Batam. Setelah membelinya, saya abaikan buku ini didalam lemari buku. Dan bukunya masih tersampul plastik, bahkan harganya pun masih menempel. Belum pernah saya menyentuhnya sama sekali.

Karena masih ada beberapa buku yang belum saya tuntaskan untuk membacanya. Iya, saya suka begitu orangnya. Selalu tergoda untuk membeli buku kalo lagi berkunjung ke toko buku, padahal masih ada buku yang belum selesai dibaca. Yang penting punya dulu bukunya, urusan mau dibaca bukunya kapan mah itu belakangan aja. Daripada nyesel nanti stock bukunya habis kan menteman ?! -_______-" 

Terkadang saya suka membaca buku secara paralel, maksudnya saya membaca beberapa judul buku dalam satu waktu. Kalo saya bosan membaca buku "A", saya mencoba membaca buku "B" untuk menghilangkan jenuh pada cerita dibuku "A", begitu juga dibuku "B" sudah bosan dengan ceritanya dan masih banyak halaman yang belum tuntas untuk dibaca. Saya beralih ke buku "C", yang ada PR membacanya makin banyak. Dan ceritanya semakin aneh saja pada saat saya membacanya. Terkadang suka bercampur aduk didalam pikiran saya cerita dibuku "A", "B" dan "C".  #toengtoeng

Saya tahu cara diatas sangat  sesat, bukan menyelesaikan satu bacaan dulu malah nambah beban membacanya. Tapi, boleh dinkz kamu coba membaca buku secara paralel seperti saya diatas biar merasakan sensasinya juga. :-p

Genre buku yang saya baca biasanya buku lokal dan itu pun ceritanya yang ringan saja. Belum berani baca buku yang temanya berat, apalagi halamannya yang tebal. Karena saya membaca buku hanya untuk mengisi waktu senggang. Dulu pulang kerja didalam mobil karyawan saya selalu membaca buku untuk mengisi waktu luang jarak dari kantor sampai ke rumah. Kan dari pada saya bengong doang didalam mobil mending saya baca buku. :-)

Saya orangnya tidak memiliki target untuk menyelesaikan bacaan dalam satu buku. Yah, terkadang rasa bosan membaca itu pasti ada. Tapi ya sudahlah, nikmati aja kapan mood membaca saya mulai naik lagi. Pernah tuh, buku tipis yang cuma seratus lebih sedikit halamannya. Saya membacanya butuh waktu berminggu-minggu untuk  menyelesaikan membacanya. :-D

Ada juga buku yang hampir setahun saya menyelesaikan membacanya... Karena saya bosan dengan ceritanya, jadi dibaca beberapa halaman terus sudah merasa bosan sama ceritanya. Didiamin dulu beberapa hari, lanjut baca lagi beberapa halaman. Masih juga merasa bosan dengan ceritanya yah tunggu dapat hidayah lagi untuk membacanya. Begitu aja terus sampai lebaran monyet. Eh tapi, saya selalu menyelesaikan membaca bukunya apa yang sudah saya baca. Kalo tidak mentuntaskannya berasa ada beban hutang dalam hidup. Yah, walaupun hampir setahun juga saya menyelesaikan membaca bukunya. Yang penting menyelesaikan apa yang telah saya mulai. :-)

Hobby membaca buku datang setelah saya mulai bekerja. Iya, pada saat sudah punya uang dari hasil keringat sendiri dan bebas mau membeli buku yang diinginkan. Kalo dulu masih jaman sekolah mah masih malas membaca buku, lihat buku pelajaran aja sudah eneg. Apalagi membaca buku yang lain....

Kalo penulis favorit saya tidak punya, karena setiap penulis memiliki ciri khas atau karakter tersendiri. Terkadang saya suka sama si penulis "A" dibuku "B", eh pas si penulis "A" meluncurkan bukuya yang baru yaitu buku "C" kok tidak sebagus seperti buku "B". Makanya saya suka kecewa sendiri kalo sudah begitu. Jadi, ya sudahlah... Tapi saya tetap mengikuti karya-karya si penulis "A". 

Ini ada beberapa koleksi buku saya dari penulis yang sama...

Dapatin buku ini susah-susah gampang, baru 2 buku yang kebaca 2 yang lain belum.

Gara2 nonton film TFIOS dulu baru penasaran sama bukunya.

Tinggal judul buku ayah yang belum dibaca sampai tuntas. #onprogress


Beli buku ini karena nonton pilemnya yang nemu dirental VCD/DVD.
Masih ada beberapa buku lagi, tapi malas untuk dipoto. *yaeyalah... malas keluarin terus rapiin lagi*

Saya juga rajin bawa buku kemana-mana, soalnya pengen cepat menyelesaikan bacaannya. Biar lunas hutang membacanya... :-)

Sekarang saya memiliki tempat favorit untuk membaca buku, untung daerah pemukiman saya tidak terlalu jauh dengan laut. Biasanya setiap sore saya ke tepi laut hanya untuk membaca buku beberapa halaman sambil menyaksikan senja dan dengarin deburan ombak. Oh, nikmat TUHAN mana yang kau dustakan chai....

Dulu pernah sih saya terbesit untuk jadi penulis buku, tapi setelah tahu ada proses panjang yang berliku-liku untuk menerbitkan buku. Jadi, ya sudahlah... Jadi penulis blog aja. Kan sama-sama jadi penulis cuma beda wadah. :-p #huft #helanapas #mimpiyangmasihmenggantung




You Might Also Like

1 comments

  1. Sama mas, Bukunya om Pram beli 4, yang baru selesai dibaca baru 1

    ReplyDelete