Mengenal Jenis-jenis dan Harga Helm Sepeda

Wednesday, March 02, 2016

Berkendara merupakan suatu kebiasaan masyarakat saat ini, tak hanya sebagai kebutuhan dalam sarana transportasi melainkan juga hobby baru. Salah satu contohnya adalah dengan mengendarai sepeda. Kendaraan beroda 2 tersebut hanya bisa berjalan jika pengguna mengandalkan tenaga mereka untuk mengayuh. 

Umumnya yang senang dalam mengendarainya adalah anak-anak sebagai sarana transportasi untuk datang ke sekolah, manfaatnya banyak sekali, selain mempercepat Anda menuju tempat tujuan juga untuk menyehatkan badan. Namun sebelum mengendarai alangkah baiknya menggunakan alat pelindung terlebih dahulu seperti helm. Harga helm sepeda ini tergolong cukup murah dan memberikan banyak manfaat.


Sebenarnya tak jauh berbeda dengan berkendara menggunakan motor atau sepeda bermesin, mengendarai sebuah sepeda tanpa mesin juga memiliki resiko akan kecelakaan, hanya saja terkadang tingkatannya tak terlalu parah, nah salah satu perlengkapan yang wajib digunakan paling utama adalah pelindung kepala. Mengingat bagian tersebut sangatlah penting guna menghindari cidera yang parah.


Namun kebiasaan masyarakat sendiri dalam menggunakan sepeda biasa memang tanpa perlindungan, utamanya mereka yang masih menerapkan prinsip keamanan ini adalah para bikers yang melalui medan jauh juga terjal, contohnya adalah pengendara sepeda gunung atau juga komunitas yang sering mengadakan acara bersepeda bersama dalam jarak jauh. Harga helm sepeda ini cukup bervariasi, sebelumnya kenali juga jenis-jenisnya berikut ini:

  1. Helm road, sama seperti namanya jenis helm yang satu ini kebanyakan digunakan dalam ajang balap, meskipun memiliki ventilasi dengan lubang-lubang di bagian kepada namun tetap bisa melindungi secara maksimal.

  2. Helm aero road, merupakan jenis baru yang umum digunakan pada sepeda balap, khususnya daerah pegunungan, bentuknya compact dan cukup aerodinamis.

  3. Time trial, umumnya yang menggunakan helm ini adalah pengendara sepeda motor untuk balapan di area terjal seperti gunung, kurang lebih sama dengan aero road, namun dengan bentuk yang berbeda.

  4. Helm MTB, secara fisik mungkin kamu akan merasa aneh menggunakannya, karena kesan ekstra cover yang diterapkan untuk bagian luar, namun fungsinya cukup maksimal dalam melindungi kepala.

  5. Helm BMX, jenis yang satu ini dapat digunakan dalam 2 macam fungsi, diantaranya adalah full face dan open face, kurang lebih sama dengan helm motor biasa karena ada bagian kaca yang bisa dibuka tutup.

  6. Helm leisure, jenis yang satu ini kebanyakan dipakai oleh pengendara biasa, hadir dalam bentuk yang cantik dan berbagai cover.

  7. Helm kids and youth, sama seperti namanya untuk pelindung kepala tersebut memiliki ukuran kecil sesuai dengan kepala anak-anak. Tampilannya unik dan ditawarkan dalam berbagai pilihan warna.


Harga helm sepeda tersebut tentunya menyesuaikan dengan kualitas maupun jenisnya, namun bagi kamu pengendara biasa, jangan khawatir karena harga sangat terjangkau. :-)

You Might Also Like

11 comments

  1. Beli sepeda duly yuk, baru beli helmnya ^-^

    ReplyDelete
  2. Wah helm nya kece2, tp eh tapiii sepedanyaaa aja blomm ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan kan sepeda... Pasangannya aja juga belom ada. #jones

      Delete
  3. Eh yang warna hitam putih itu mirip deh ama punyaku... Merknya juga sama :D #abaikan...

    ReplyDelete
  4. Duh kekepin dompet dan ATM, ini helmnya kok cakep-cakep ya jadi pengen nambah.

    ReplyDelete
  5. waah saya baru tau jenis helm ini...kirain semua helm sama aja...hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua tak sama... Tak pernah sama... Apa yang ku kecup... Apa yang ku sentuh. *apaan sih malahan nyanyi*

      Delete
  6. banyak sekali ya macam-macam helm dan harganya..

    ReplyDelete