Menjadi Pendonor Sukarela

Wednesday, July 22, 2015

Semalam (21/7/2015) saya menjadi pendonor darah sukarela untuk pertama kalinya di PMI Nagoya - Batam. Niat menjadi pendonor darah sudah beberapa bulan yang lalu tapi baru berani merealisasikannya kemaren. #hadeh

Dan niat mulia ini pun semakin kuat setelah sebulan yang lalu (sehari sebelum puasa) saya mengantarkan teman saya untuk mendonorkan darahnya secara sukarela di PMI Nagoya - Batam. Ternyata doi rutin per tiga bulan sekali mendonorkan darahnya secara sukarela. Saya kan jadi malu kalo begitu... Dan mau mendonor darah juga bagi yang membutuhkannya. Sudah niat dalam hati kalo saya harus mendonorkan darah setelah lebaran. *kompetitip dalam hal kebaikan*

Awalnya saya deg2an dan keringat dingin waktu tiba di PMI Nagoya - Batam... #lebay

Medonorkan darah ternyata tidak seseram yang dibayangkan. Cuma terasa sedikit sakit aja waktu pertama kali jarumnya ditusukan ke lengan. Setelah itu tidak bakalan terasa kalo darah kita sudah mengalir ke kantong darah.

Jadi semalam itu, saya sok2an mau eksis (lebay sih tepatnya) pas darahnya mengalir ke kantong darahnya mau poto2 pake camera handphone. Padahal, sudah ditawari sama petugas PMI-nya dari awal kalo saya mau berpoto doi rela jadi tukang potonya. Dan saya menolak tawarannya dan sibuk gerak sana - gerak sini untuk ambil poto dikantong darahnya. Kan kalo kita lagi donor itu nggak boleh banyak bergerak pas darahnya mengalir ke kantong darah. 

Alhasil, yang awalnya darah saya lancar mengalir ke kantong darah lama2 menjadi lambat mengalirnya dan tiba2 berhenti. -____________-"

Petugasnya pun juga kaget dan menegur saya karena saya tadi ambil poto terlalu banyak bergerak. Kantong darah saya baru terkumpul 220 ml, masih kurang 100 ml lagi. Yah, jadinya saya pindah ke tangan satunya lagi buat menyambung donor darahnya. Awalnya di tangan kanan, sekarang pindah ke tangan kiri untuk menyambung donor darahnya sampe penuh kantong darahnya. #jleb

Btw, setelah pindah tangan kasusnya sama juga. Yang awal darahnya mengalir cepat, lama2 menjadi lambat mengalirnya. Entahlah, apa yang salah didalam tubuh saya ini...  Kursi sebelah sudah berganti orang saya masih belum penuh kantong darahnya. :-(

Dan akhirnya kantong darah saya penuh juga. :-) #alhamdulilah

Demi mendapatkan poto yang tak seberapa ini...
Nah, kalo chai-readers mau mendonorkan darahnya secara sukarela caranya gampang banget. Pertama, datang aja ke kantor cabang terdekat PMI disekitaran tempat tinggal mu. Lalu tanyakan sama petugasnya kalo kita mau mendonorkan darah secara sukarela tapi kalo mau mendonorkan darah buat seseorang atau sodara juga boleh. Nanti petugas PMI akan menyuruh untuk mengisi data pribadi kita, setelah itu akan dicek hemoglobin, tensi dan golongan darah kita. Kalo semuanya sesuai dengan prosedur dan standart dengan PMI maka kita siap untuk mendonorkan darahnya.

Ayo berbagi... :-) 

*Doakan saya yah chai-readers selalu sehat wal afiat dan bisa rutin mendonorkan darah pertiga bulan sekali... #amin*

 

You Might Also Like

0 comments