Eternal Sunshine Of The Spotless Mind (2004)

Friday, June 07, 2013

Sebuah kenangan memang tidak akan pernah hilang dari ingatan kita. Mau kenangan terindah atau terburuk sekali pun didalam hidup kita,  dia akan tetap terekam dengan baik didalam memori kepala kita. Sebuah perusahaan Lacuna menyediakan jasa untuk menghilangkan sebuah kenangan bersama seseorang. Apabila kenangan itu terhapus, maka orang tersebut tidak akan kembali bisa mengingat kenangan bersama orang yang ingin dihapus dari ingatannya.

Joel (Jim Carrrey) merasa aneh terhadap mantan pacarnya Clementine (Kate Winslet), ketika si Joel untuk bertemu dengan Clementine ditempat kerjanya. Seolah-olah, Clementine tidak pernah mengenal atau pernah ada hubungan yang special dengan Joel. Memang, waktu saat bertemu itu si Clementine sudah punya pacar baru.

Si Joel pun merasa bingung dengan kelakukannya si Climentine yang seperti itu. Kebingungan Joel terjawab juga pada saat sebuah surat dari perusahaan Lacuna mengirim surat pemberitahuan kepadanya. Bahwa, disurat itu menyatakan Climentine sudah menghapus semua kenangan bersamanya.

Joel merasa sedih dan patah hati. Keesokan harinya  Joel mendatangi perusahaan Lacuna untuk menghapus kenangan bersama Climentine didalam memori kepalanya. Dan waktu proses penghapusan kenangan bersama Climentine didalam memori kepala si Joel tidak berjalan mulus. Karena didalam hati kecil yang paling dalam Joel, dia masih menyimpan rasa cinta terhadap Climentine.    

Jalan ceritanya cukup membingungkan bagi saya, karena alur cerita maju mundur. Dan membuat saya harus mengulang lagi menonton film ini setelah selesai. Tapi, ada kesenangan tersendiri bagi saya setelah mengerti maksud dari film ini. :-)

Film yang cukup berat dan harus memiliki mood yang baik pas waktu menonton film ini. Kalo tidak akan merasa membosankan dan tidak mengerti sama sekali maksud dari film ini.

*Akh, kalo namanya jodoh nggak bakalan kemana. Walaupun kenangan bersama doi terhapus tapi tetap dipertemukan sama TUHAN dan merasakan jatuh cinta lagi dengan jalan cerita yang berbeda. :-)* 

You Might Also Like

0 comments