The Shawshank Redemption (1994)

Wednesday, February 15, 2012

Menonton film drama itu harus dengan kesabaran dan ketenangan dalam menontonnya. Karena rata-rata film drama menyajikan dalam tempo lambat dalam penceritaannya. Kadang kalo mood kita lagi tidak bagus, film drama yang memiliki jalan ceritanya bagus pun harus menjadi hambar dan hampa. Bisa-bisa kita bosan dan menyudahi untuk tidak melanjutkan menontonnya.

Itulah yang gue rasakan dalam menonton film ini. Dari awal sampe pertengahan cerita, bosan melihat kehidupan di penjara dan penonton pun serasa ikut terpenjara dalam rutinitas andy dan kawan-kawan yang digambarkan. Tapi endingnya cukup membuat gue lega melihat samudra pasifik. Serasa ikut merasakan kebebasan andy (Tim Robbins) dan Red (Morgan Freeman).

Andy(Tim Robbins) adalah anak muda yang cerdas, kerja keras dan pantang menyerah. Walaupun usianya masih muda, dia sudah menjabat sebagai wakil president sebuah bank besar di portland. Tapi sayang, dia harus masuk penjara gara – gara tersandung kasus pembunuhan.

Andy menjadi tersangka dalam kematian istri dan lelaki selingkuhan istrinya. Walaupun dia mengaku tidak membunuhnya tapi hanya menakut-nakuti mereka dengan pistol yang dia punya. Pembelaan terhadap andy tidak kuat sehingga pengadilan memutuskan dia di penjara dua kali berturut-turut karena ada dua korban.

*Berapa lama hukuman andy dalam penjara untuk setiap korbannya tidak dijelaskan secara detail difilm ini*

Kehadiran andy di penjara Shawshank membawa pengaruh besar terhadap penjara dan lingkungan sekitar. Dengan kecerdasaan ilmu finansial yang dia miliki dapat membantu beberapa anggota polisi penjara yang menggunakan jasanya untuk berkonsultasi dalam perencanaan keuangan mereka.

Salut kepada Andy waktu dia mendirikan perpustakaan didalam penjara Shawshank. Dia meminta bantuan dana dan buku bekas ke pemerintah dan butuh waktu 6 tahun untuk dikabulkan oleh pemerintah dalam permohonannya tersebut. Taktik dia adalah, setiap minggu secara rutin selama enam tahun menulis surat ke pemerintah untuk mengajukan permohonan tersebut. *kerja kerasnya terbayar #LapIngus*

Masih ada yang gue salut lagi sama Andy, waktu di dzholimi oleh kepala penjara dan dia balas dengan tindakan yang sangat cerdas... *sengaja tidak diceritakan secara detail biar tidak terjadi spoiler*

FILM INI WAJIB UNTUK DITONTON... :-)

You Might Also Like

0 comments