Moneyball (2011)

Tuesday, January 03, 2012


Sebagai pecinta film drama, gue suka banget dengan film ini. Film yang sangat cerdas dan termasuk list film favorit gue.

Film ini bertemakan olahraga, tapi lebih difokuskan pada manajamen team baseball-nya. Jadi, alur cerita yang digambarkan bukan perjuangan seorang atlit untuk memperjuangkan teamnya menang dalam perlombaan. Akan tetapi mengangkat kisah  seorang General Manager yang lagi berusaha me-manage keuangan dan prestasi team baseball Oakland Athletics untuk lebih maju kedepannya.

Billy Beane (Brad Pitt) adalah seorang general manager sebuah team baseball Oakland Athletics, team ini lagi mengalami keterpurukan dalam keuangan dan prestasi. Ditambah lagi ketiga pemain andalan mereka yang terjual ke team baseball lain. Sedangkan Billy Beane tidak bisa membeli atlit yang terbaik dari team baseball lain karena keterbatasan dana.

PR bagi Billy Beane adalah bagaimana mereka bisa survive dengan dana minim dan bisa memanfaatkan sumber daya atlit yang ada untuk bangkit dari keterpurukan itu. Billy dibantu oleh anak muda yang baru tamat kuliah dari Universitas Yale jurusan ekonomi sebagai asistennya yaitu Peter Brand (Jonah Hill) untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Yang unik dari film ini adalah, Billy Beane memanajemen tim baseball Oakland Athletics dengan statistik. Jadi, mereka bukan memfokuskan membeli atlit – atlit  terbaik atau meningkatkan kualitas para atlit baseball yang mereka miliki  tetapi melihat poin-poin dari statistik para atlit yang mereka miliki untuk menunjang kemenangan dalam perlombaan.

Akting para pemainnya tidak diragukan lagi. Chemistry antara Billy Beane dengan asistennya Peter Brand sangat klop. 

*Jonah Hill mencuri perhatian dengan acting yang sangat manis, berhasil menjadi anak muda  yang pintar dan energik seperti anna kendrick di film UP IN THE AIR

Film ini banyak mengambil gambar didalam gedung alias kantor bukan dilapangan baseball atau dalam pertandingan baseball.  

Selamat Menonton... :-)

You Might Also Like

0 comments